Nama Guruh Gemurai diambil dari bahasa daerah setempat yang dimana Guruh atau gemuruh adalah bunyi dari sebuah air terjun tersebut. sedangkan Gemurai adalah percikan air yang berserakan. jadi, Guruh Gemurai adalah sebuah bunyi air terjun yang berserakan.

Air Terjun Guruh Gemurai yang berada di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) salah satunya destinasi wisata di Riau. Dari pusat Kota Kuansing berjarak sekitar 30 kilometer menuju arah Kiliran Jao yang berbatasan dengan Sumatera Barat (Sumbar).

Dari Pekanbaru, menempuh perjalanan lebih kurang empat jam menggunakan kendaraan roda empat. Air terjun tersebut berada sekitar 3 kilometer dari pinggir jalan lintas Kuansing-Kiliran Jao.

Beberapa Fasilitas menuju ke Wisata Air Terjun Guruh Gemurai adalah jalan yang telah beraspal saat anda menuju ke lokasi, area tempat parkir kendaraan anda, tempat bermain dan pemandian. ada juga terdapat pentas terbuka untuk mengadakan acara-acara seperti konser musik dan lainnya. jika anda beragama muslim disana juga terdapat mushola. kemudian apabila anda ingin bermalam terdapat beberapa hotel terdekat yang ada di sekitar Air Terjun.

Air Terjun ini memiliki dua curahan air. curahan pertama memiliki ketinggian mencapai 20 meter. selain itu terdapat kolam penampungan yang dapat dijadikan untuk mandi dan berada pada dasar air terjun. Air terjun Guruh Gemurai begitu mempesona dan menjadi magnet bagi wisatawan.

Sejak pagi hingga sore, tak hentinya masyarakat dari berbagai kalangan yang datang ke sana. Untuk masuk ke destinasi wisata ini, pengunjung cukup membayar Rp 4.000 per orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Sementara, untuk kendaraan roda dua Rp 2.000 dan roda empat Rp 4.000.

Air Terjun Guruh Gemurai memiliki ketinggian sekitar 20 meter, hingga tingkat paling atas. Ada tujuh tingkat air terjun Guruh Gemurai dengan ketinggian yang berbeda-beda. Wisatawan lebih banyak menghabiskan waktu di tingkat pertama. Selain bentuknya yang memesona, bagian bawanya terdapat seperti kolam renang. Pada bagian kiri kanan air terjun terdapat bebatuan dan hutan yang masih alami. Udara terasa begitu sejuk dan begitu nyaman.

Akan tetapi, perilaku pengunjung masih menjadi catatan, seperti membuang sampah sembarangan meskipun sudah tersedia tempat pembuangan. Untuk menuju bagian bawah air terjun, pihak pengelola membuat tangga beton, agar akses menuju lokasi biar lebih aman. Pengunjung harus berhati-hati karena tangganya cukup curam. 

Indonesia Cultural Festival (ICF) 2018 Digelar di Azerbaijan

Indonesia Cultural Festival (ICF) 2018 Digelar di Azerbaijan / Info Travelling 


Ratna Sarumpaet Ditangkap di Bandara Saat Mau Terbang ke Chile

Berita Politik / Ratna Sarumpaet Ditangkap di Bandara Saat Mau Terbang ke Chile


Dani Pedrosa Bergabung sebagai Test Rider KTM di Moto GP 2019

Dani Pedrosa Bergabung sebagai Test Rider KTM di Moto GP 2019 / Sport



Fajar / Rian Lolos Babak Kedua Jepang Terbuka 2018

Fajar / Rian Lolos Babak Kedua Jepang Terbuka 2018 / Sport


Subscribe

Leave us your e-mail

Submit
Email Us


Namalo News adalah situs web berita, hiburan, dan musik Anda. Namalo News menyediakan berbagai berita dan video terbaru langsung dari industri hiburan dari dalam maupun luar negeri. Kami menyajikan informasi berdasarkan fakta bukan sekedar berita.

Follow Us

Get in Touch

Namalo News Situs Berita Online
Tel: +62 813 6632 9321
Whatsapp Us
Namalo News Situs Berita Online
Jl. Boulevard Raya Blok WE2 no 8B, Kelapa Gading